Panduan Mencegah Penyakit Diabetes Sejak Dini

Panduan Mencegah Penyakit Diabetes Sejak Dini
 
DIABETES adalah penyakit akibat gangguan fungsi insulin dalam tubuh, suatu hormon yang diprodksi pankreas (organ pengasil enzim yang dibutuhkan oleh pencernaan).

Insulin punya peran amat penting dalam proses metabolisme makanan untuk menghasilkan gula yang nantinya akan digunakan menjadi energi.

Gangguan fungsi insulin membuat kadar gula darah meningkat hingga di atas normal. Berikut ini panduan mencegah penyakit diabetes sejak dini, menurut Dr. Anton Cahaya Widjaya :

  1. Perhatikan Berat Badan. Semakin mendekati bobot ideal, kamu akan terhindar dari penyakit diabetes.

  2. Cermati Gaya Hidup Kamu. Memiliki pola makan seimbang dan teratur. Hindari kebiasaan melewatkan waktu makan atau tidak makan sama sekali setelah makan dalam jumlah besar. Akan lebih baik bila makan dengan porsi sedang tapi teratur, daripada porsi besar tapi tidak teratur.

  3. Perbanyak Aktifitas. Terutama bila selama ini kamu terlalu sering duduk di kantor. Mengikuti fitness bisa menjadi pilihan menarik.

  4. Pantau Selalu Kondisi. Kontrol kadar gula darah setidaknya 2 kali setahun. Berkonsultasilah dengan dokter agar diabetes tak perlu hadir dalam hidup kamu.

  5. Ketahui Riwayat Keturunan Diabetes. Cobalah untuk mengenal riwayat keturunan penyakit diabetes dalam keluarga kamu. Bila ada, segera ke dokter untuk mendiskusikan pencegahannya.(anw-berbagi sumber)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2.3.a.8. Koneksi Antarmateri - Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik

Koneksi Antar Materi Modul 2.1 (Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi)